Sabtu, 19 Juli 2008

Pergantian Alternatif Jasa Pengiriman www.barangbaru.com

Minggu ini, www.barangbaru.com dpt banyak complain utk pengiriman via Tiki JNE yg terlambat. Jadi per Senin tgl 21/Jul/08 besok kami akan menggunakan beberapa alternatif layanan courier baru : TIKI (biasa, bukan JNE), Caraka, dan NCS. Utk bulan Jul-Agustus, layanan Tiki JNE tetap dimasukkan dalam alternatif pengiriman. Apabila dalam jangka waktu tersebut 3 layanan baru lainnya tidak menemui masalah layanan yg berarti, maka per September layanan Tiki JNE tidak akan kami gunakan lagi.
Untuk teman2 yg sudah terbiasa menggunakan layanan Tiki JNE dan ingin tetap menggunakan layanan Tiki JNE bisa menghubungi CS kami yah.

Berikut beberapa complaint yg kami terima :
  • Pengiriman ke Medan hari Kamis tgl 10/Jul/08 menggunakan layanan Tiki JNE Ekonomis dgn no resi 1 206842 900006. Hari Selasa tgl 15/Jul/08, kami baru menerima telp dari pihak CS Tiki JNE (Bp. Agung) bahwa paket kami itu masih dipending di kantor pusat karena ada kesalahan harga. Lho ?????? Kaminya protes dong, kalo salah harga padahal paket2 kami tiap hari diambil sendiri oleh staff cabang Tiki JNE dan yg menentukan harga dan menuliskan resinya kan staff Tiki JNE cabang? Kok sekarang paket dipending karena kesalahan harga. Udah gitu, kasih tau ke kaminya kok baru tgl 15, kan paketnya dimasukkin tgl 10. Selama selang waktu 4-5hari diantara itu diapain yah? Staff CS yg menelepon ngotot juga nih, katanya dia baru terima info kalo paketnya salah harga dari bagian lain hari Sabtu, tgl 12/Jul sore (???? dari tgl 10 ke tgl 12 sore gak dicek kali yah?). Nah kan kalo Sabtu mereka sore udah mau pulang, jd baru ngabarin kami Senin tgl 14. Tapi waktu telp ke kantor www.barangbaru.com , telp-nya terputus. Entah berusaha menghubungi lagi atau tidak hari itu, keesokan harinya (Selasa tgl 15/Jul) baru mereka menelepon kembali utk mengabarkan di-pendingnya paket tersebut. Menurut staff Tiki JNE tsb, ternyata Tiki JNE telah menaikkan harga pengiriman yg berlaku sejak May/2008. Lho ????? Pdhal sejak itu kan www.barangbaru.com sudah melakukan beratus-ratus pengiriman tanpa masalah, trus kok bisa-bisanya pihak cabang Tiki JNE di Gajah Mada tidak tahu kalo ada kenaikan harga yah? Gimana koordinasinya yah. Akhirnya kami minta paket tsb dikembalikan saja krn sdh terlalu lama di kantor pusat gak diapa-apain. Trus kami lgs mengirimkan paket pengganti ke customer yg bersangkutan (untung lho customernya baik dan pengertian) dgn paket yg kilat.
  • Pengiriman paket ke Bontang hari Senin 14/Jul/08 menggunakan layanan Tiki JNE Ekonomis no resi 1 210160 220005. Pd tgl 17/Jul/08 kami ditelepon oleh pihak customer bahwa tidak biasanya paketnya kok blm nyampe. Cust ngecek ke Tiki JNE Bontang katanya baru mau dikirim hari tsb/bsk krn dari pihak Jakarta ngirimnya tgl 16/Jul/08 (Lho???? kami kan masukkin tiki dgn bukti resi tgl 14/Jul). Sbg bukti ke customer, kami lgs scan bukti resinya dan emailkan resinya dimana tercantum tgl pengiriman tgl 14/Jul.
  • Pengiriman paket ke Jakarta, dimasukkan hari selasa 15/Jul/08 dgn layanan Tiki JNE Reguler no resi 1 206083 270005. Sampai hari ini aku posting, menurut customer paketnya blm nyampe juga. Kan dari jakarta ke jakarta? Kok nyampe 4hari ???? Menurut CS Tiki JNE, tgl 16/Jul paket dikirimkan tp di rumah customer tidak ada orang alias rumah kosong. Tgl 17/Jul, paketnya dikirimkan kembali tp katanya customer sdg menjemput anak sekolah jd paketnya tidak bisa diberikan. Trus tgl 18/Jul, setelah kami telpon kembali dgn kecewa, pihak Tiki JNE janji hari itu juga (Jumat kemarin) pasti diantarkan. Eh hari ini, sabtu 19/Jul, kami dpt telp dari customer kalo paketnya blm diterima juga. Lgs deh telp lagi ke pihak Tiki JNE. Kali ini dgn staffnya Bp. Edy. Menurut beliau paketnya masih ada di kantor ????? LHO ???? kan kemarin udah janji pasti dianterin. Akhirnya setelah ngotot-ngototan, pihak Tiki JNE kami minta menelpon customer lgs utk menjelaskan permasalahannya. Kan gak enak kalo nanti dikira www.barangbaru.com yg gak ngirim-ngirim paketnya padahal kita udah kirim dari tgl 15/Jul. Lagian, di amplop pengiriman sudah lengkap tertulis no telepon lokal dan hp dari customer yg seharusnya bisa ditelepon oleh pihak Tiki JNE kalo memang katanya rumah kosongan terus. Padahal kalo menurut customer, di rumahnya selalu ada orang dan tidak ada yg pernah menerima kedatangan kurir Tiki JNE lho.... Akhirnya sih menurut Pak Eddy, orangnya udah ditelp (tp waktu aku cek ke customer, dia bilang gak ditelpon tuh?) dan Tiki JNE janji kalo pasti hari itu juga paketnya dikirim. Pphhhhh......
  • Dll banyak claim yg kami terima dan setelah mendiskusikan secara internal di team www.barangbaru.com, kami putuskan utk menggunakan beberapa alternatif baru jasa pengiriman yg bisa dipercaya dan berangsur-angsur akan kami hilangkan option 'Tiki JNE' dari alternatif pengiriman kami. Sempat sih ada kecurigaan, jangan2 karena kita sering protes ke TIki JNE masalah pengiriman, makanya akhir2 ini paket2 dari kami dikerjain yah? Moga2 gak begitu deh...

1 komentar:

jneblog mengatakan...

kepada Yth
pelanggan JNe

mulai tanggal 15 september 2008, website kami akan berubah domain dari www.tikijne.co.id menjadi www.jne.co.id.
fasilitas yang didapat adalah tarif sudah upadate, trace & tracking sudah real time
dan branding kami pun berubah dari tikijne menjadi JNE

terimakasih
Mr. Mayland H.P
Supervisor Marketing
JNE

 
Designed by Lena